Label

Jumat, 09 September 2016

RPP RENANG KELAS VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMPN 1 CUGENANG
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                        : VII / 1
Alokasi Waktu                        : 3 Kali Pertemuan ( 9 JP )
Materi Pokok                          : Renang Gaya Bebas

A.           Tujuan Pembelajaran
·         Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat:
·         Menunjukkan sikap sportif dalam bermain
·         Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
·         Menjelaskan teknik gerakan kaki renang gaya dada dengan benar.
·         Menjelaskan teknik gerakan lengan renang gaya dada dengan benar.
·         Menjelaskan teknik nafas renang gaya dada dengan benar.
·         Menjelaskan teknik rangkaian renang gaya dada dengan benar

B.            Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8.  Memahami konsep gerak spesifik salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik.








4.8 mempraktikkan konsep gerak spesifik salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik

3.8.1. Menjelaskan manfaat pengenalan air
3.8.2 .Mengidentifikasi teknik dasar gerakan kaki gaya     bebas
3.8.3. Mengidentifikasi teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas
3.8.4 Mengidentifikasi bagaimana teknik mengambil nafas pada renanggaya bebas
3.8.5. Menjelaskan teknik mengkoordinasikan gerakan kaki dan lengan.
3.8.6.  pengambilan nafas pada renang gaya bebas
4.8.1 .Melakukan Pengenalan dengan  air
4.8.2 .Meluncur
4.8.3. Melakukan Gerakan kaki
4.8.4 .Melakukan Gerakan lengan
4.8.5. Mengambil nafas
4.8.6. .Koordinasi gerak


  1. Materi Pembelajaran
·         Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Panjang kolam renang lintasan panjang adalah 50 m sementara lintasan pendek adalah 25 m. Dalam spesifikasi Federasi Renang Internasional untuk kolam ukuran Olimpiade ditetapkan panjang kolam 50 m dan lebar kolam 25 m. Kedalaman kolam minimum 1,35 meter, dimulai dari 1,0 m pertama lintasan hingga paling sedikit 6,0 m dihitung dari dinding kolam yang dilengkapi balok start.
·         Salah satu gaya berenang yang mudah diajarkan adalah gaya dada (gaya Katak) . Berikut caranya;
Gerakan kaki
·         Tekukkan dengkul kaki kedalam
·         Kemudian pantulkan (tendang lurus dengan posisi kedua kaki renggang/ terbuka)
·         Kaki tetap lurus, kemudian rapatkan (pastikan telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan)
·         Ulangi langkah di atas dengan urutan tekuk, tendang, rapatkan, tekuk, tendang, rapatkan.
Gerakan tangan
·         Tempelkan kedua telapak tangan(seperti hendak bersalaman) dan luruskan di atas kepala
·         Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah
·         Luruskan tangan kembali.
·         Dan ulangi dengan urutan luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
Gerakan kombinasi + mengambil nafas
·         Lakukan gerakan tangan dan kaki secara bergantian.
·         Untuk mengambil nafas lakukan saat gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, lalu dongakkan kepala keatas sambil mengambil nafas 

  1. Matode Pembelajaran
Pendekatan scientific, Metode ceramah, demonstrasi, komando permainan dan penugasan.

  1. Media Pembelajaran
1. Alat                         Bolpoin, spidol, wahiteboard

F.     Sumber belajar          : Buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

1.                                     Pertemuan Pertama ( 3 JP )

KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.     Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi.
2.     Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, jika ada yang sakit siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir kolam renang.
3.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin       pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerakan yang dilakukan oleh siswa.
5.Melakukan aktivitas permainan sebelum ke materi pembelajaran .
6.Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan .

15 menit
Inti

a.       Mengamati
1)      Siswa mengamati gerakan pengenalan air yang diperagakan oleh Guru.
2)         Siswa mengamati gerakan kaki renang gaya bebas melalui pengamatan yang diperagakan oleh guru.
3)         Siswa mengamati rangkaian gerakan kaki  dibantu oleh teman secara berpasangan melalui pengamatan  peragaan siswa lain yang dianggap mampu .
4)         Siswa mengamati rangkaian gerakan kaki  dengan bantuan pelampung renang melalui pengaman peragaan  dari guru.(materi Remedial)

b.       Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai hal hal yang tidak dipahami atau mengemukakan kemungkinan kesulitan yang dihadapinya .

c.        Mengumpulkan Informasi / Mencoba
      
      1). Siswa melakukan pengenalan  air dengan cara berjalan,berlari,jalan jongkok,lari jongkok dan mencoba memasuan kepala ke dalam air.
2).Melakukan gerakan meluncur.
       
  3).Siswa mempraktikkan rangkaian gerakan kaki  di tempat secara berpasangan dan berkelompok menggunaan formasi yang bervariasi dan
   menunjukkan nilai kerja sama, tanggung jawab serta disiplin.  
.
4).Siswa mempraktikkan rangkaian gerakan kaki  dengan bantuan pelampung dengan menunjukann nilai kerja sama,tanggung jawab, dan disiplin.  Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.(Materi Remedial)

d.       Menalar / Mengasosiasi
Siswa mempraktikkan rangkaian gerakan kaki renang gaya bebas serta menemukan hubungan bentuk-bentuk gerakan kaki dengan lajunya renang gaya bebas.

e.        Mengomunikasikan
Siswa memperagaan gerakan kaki renang gaya bebas dalam bentuk perlombaan dengan menunjukkan nilai  sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin. Guru mengamati dan menilai  siswa selama berlomba.
1)         


85menit

Penutup

1.       Salah satu siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan.
2.       Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh siswa secara umum dan mengoresi kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan geraan kai pada saat melakukan renang gaya bebas.

3.       Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang rangkaian gerakan kaki, otot-otot yang dominan bekerja saat berlomba aktivitas air, manfaat aktivitas air terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
4.       Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.

20 menit

2.                                     Pertemuan Kedua ( 3 JP )

KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.       Guru membariskan siswa membentuk lingkaran dan mengucapkan salam,
2.       Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin berdo’a
3.       Guru Menanyakan kesehatan siswa.
4.       Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudahdipelajari sebelunnya,yaitu gerakan kaki pada renang gaya bebas dengan cara tanya jawab.
5.        Guru menyampaikan tujuan dan kegiatan  pembelajaran serta penilaian yang akan dilakukan .
6.       Guru memandu pemanasan agar siswa terkondisikan dalam materi yang akan diajarkan dengan perasaan senang.Pemanasan dalam bentuk game dengan ketentuan sebagai berikut: Siswa masuk e dalam kolam yang dangkal dan saling membasahi tubuh temannya dengan cara perang air(saling menciprati).Selanjutnya kalau seluruh siswa sudah basah seluruh tubuhnya dilanjutkan dengan memasukan kepala ke dalam air untuk mencari benda yang dilemparkan oleh Guru.
15 menit

Inti

a.       Mengamati
Siswa mengamati rangkaian gerakan lengan (gaya bebas) melalui pengamatan  peragaan  dari guru.


b.       Menanya
       Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai hal hal yang tidak dipahami atau mengemukakan kemungkinan kesulitan yang dihadapinya .

c.        Mengumpulkan Informasi / Mencoba
1)        Siswa mempraktikkan rangkaian gerakan lengan (gaya bebas) secara berelompok.
2)        Siswa mempraktikkan rangkaian gerakan lengan dan kaki secara berpasangan.. Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
d.       Menalar / Mengasosiasi
Siswa mempraktikkan rangkaian gerakan lengan dengan gerakan kaki renang gaya bebas dan menemukan hubungan  gerakan lengan dan kaki dengan lajunya  renang gaya bebas.

e.        Mengomunikasikan
1)        Siswa menampilan gerakan  renang gaya bebas tanpa mengambil nafas secara berkelompok dalam bentuk perlombaan dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru mengamati serta menilai siswa selama berlomba.
85 menit

Penutup

1.        Siswa melaukan pelemasan dan pelepasan.

2.       Guru dan siswa membuat kesimpulan dari seluruh materi.
3.       Guru dan siswa melakukan refleksi apa yang telah dicapai
4.       Guru menginformasikan kepada siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan aktivitas air.
5.       Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang rangkaian gerakan lengan, otot-otot yang dominan bekerja saat berlomba aktivitas air, manfaat aktivitas air terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6.       Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.

20     menit

H. Penilaian
1.1  Tes pengamatan sikap:
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas pembelajaran. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran yaitu mentaati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan menunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman.
Keterangan:
Penilaian terhadap sikap yang ditunjukkan peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai 3.
1= kurang
2= cukup
3= baik
1.2  Tes pemahaman konsep (pengetahuan)
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak renang gaya dada.
Keterangan :
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3.
1= kurang benar, 2= mendekati benar, 3= benar

2.                  Rubrik penilaian
a.      Tes Keterampilan
b.      Tes Pengamatan Sikap/Perilaku
Perilaku yang diharapkan
Kualitas Sikap
1
2
3
1.      Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)
2.      Mentaati peraturan
3.      Menunjukkan sikap sungguh-sungguh dalam melakukan
4.      Menghormati wasit dan pemain (sportif)
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 4 x 3 = 12
            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 100
                             Jumlah skor maksimal








c.       Tes Pengetahuan
Pertanyaan yang Diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
1.      Sebutkan macam-macam gaya pada renang?
2.      Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik dasar  gerakan kaki pada renang gaya dada?
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 3 x 2 = 6
            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 100
                             Jumlah skor maksimal
3.      Rekapitulasi Penilaian

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Sikap
Pengetahuan
Lisan
PR
1.
2.
3.
4.
5.
NIlai Rata-rata
                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
-          Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara     = 91 – 100%
-          Mendapat nilai Baik, jika skor antara                 = 80 – 90%
-          Mendapat nilai Cukup, jika skor antara              = 70 – 79%
-          Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
-          Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara  = Kurang dari 60%


Tidak ada komentar:

Posting Komentar